PENDIDIKAN KESEHATAN DAN PELATIHAN CARA MEMBUAT MAKANAN PENDAMPING ASI YANG BERGIZI
Abstract
WHO dan UNICEF menganjurkan agar ASI eksklusif diberikan sejak lahir sampai usia 6 bulan dan ASI diteruskan bersamaan dengan MP-ASI yang memadai sampai 2 tahun atau lebih. Makanan pendamping ASI yang baik adalah terbuat dari bahan makanan yang segar, seperti : tempe, kacang-kacangan, telur ayam, ikan, sayur mayur dan buah-buahan. Tujuan PKM ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan cara membuat MP-ASI yang bergizi dan target luaran yang akan dicapai adalah bahan ajar mata kuliah Gizi dalam Kesehatan Reproduksi dan Jurnal J-Pengmas. Metode Pengabdian Kepada Masyarakat ini yaitu pendidikan kesehatan dan pelatihan cara membuat MP-ASI yang bergizi. Peserta Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah ibu baduta sebanyak 20 orang. Tempat pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yaitu di Posyandu Dusun Mudinan II Desa Pajurangan Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Setelah diberikan pendidikan kesehatan dan pelatihan cara membuat makanan pendamping ASI yang bergizi, ibu-ibu baduta tersebut paham tentang cara membuat makanan pendamping ASI yang bergizi dan bervariasi serta dengan menggunakan bahan makanan yang mudah didapat dan dengan harga yang terjangkau. Pendidikan kesehatan dan pelatihan tentang gizi sangat berdampak pada perilaku seseorang. Oleh karena itu, kita sebagai tenaga kesehatan sebaiknya sering-sering melakukan pendidikan kesehatan dan pelatihan untuk membantu masyarakat hidup mandiri dan sehat.
Kata Kunci : Makanan Pendamping ASI, bergizi, MP-ASI, baduta, sehat
References
Indriati dan Sukaca, B. (2015). Nutrisi Janin dan Bayi Sejak Usia Dalam Kandungan. Yogyakarta: Parama Ilmu.
Mufida. (2015). Prinsip Dasar MPASI Untuk Bayi Usia 6-24 Bulan. Jurnal Pangan dan Agroindustri Vol. 3 No 4 p.1646-1651
Muthmainnah, Fithriatul. (2010). Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Pengetahuan Ibu Dalam Memberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu Di Puskesmas Pamulang. Program Studi Ilmu Keperawatan. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Widodo, B. (2014). Pendidikan Kesehatan dan Aplikasinya di SD/MI. MADRASAH, 7(1), 89–100.