INTERVENSI UPAYA PROMOTIF KESEHATAN MELALUI EDUKASI DENGAN BOOKLET UNTUK KESIAPAN IBU MENYUSUI PADA IBU NIFAS DI DESA SUMBER TEBU KECAMATAN BANGSAL KABUPATEN MOJOKERTO
INTERVENSI UPAYA PROMOTIF KESEHATAN MELALUI EDUKASI DENGAN BOOKLET UNTUK KESIAPAN IBU MENYUSUI PADA IBU NIFAS DI DESA SUMBER TEBU KECAMATAN BANGSAL KABUPATEN MOJOKERTO
Abstract
Menyusui adalah praktik yang berharga bagi perkembangan anak, baik secara nutrisi maupun imunologis. Ini juga mendukung ikatan ibu-anak. Pemberian ASI memiliki manfaat yang luas bagi kesehatan bayi. Rasa percaya diri ibu berpengaruh signifikan terhadap kemampuannya menyusui, serta perubahan hormon oksitosin yang mengatur ASI. Kesiapan ibu dalam menyusui berhubungan bermakna dengan lama menyusui dan lama pemberian ASI eksklusif dapat meningkatkan kesiapan ibu dalam menyususi. Peer education adalah metode pendidikan kesehatan di mana teman sebaya membantu mengajar dan belajar tentang topik kesehatan bersama. Ini seringkali lebih efektif daripada metode pendidikan tradisional, dan dikenal di kalangan pendidik. Metode peer education memiliki banyak keunggulan, antara lain kemampuan mengakses informasi dengan mudah. Tujuan dari pengabdian masyarakat adalah meningkatkan kesiapan ibu dalam menyusui pada ibu nifas dengan metode booklet. Hasil dalam penelitian ini adalah Metode Boooklet mampu meningkatkan kesiapan ibu. Pengabdian masyarakat ini peneliti mengharapkan lebih menggunakan variasi metode sehingga lebih effektif dalam meningkatkan kesiapan ibu dalam menyususi.
Kata Kunci :Kesiapan ibu, Menyususi, Pengetahuan
References
2. Dodou, H. D. et al. (2021) ‘Telephone intervention to promote maternal breastfeeding self-efficacy: randomized clinical trial*’, Revista da Escola de Enfermagem, 55, pp. 1–8. doi: 10.1590/1980-220X-REEUSP-2020-0520.
3. Ghasemi, V. et al. (2019) ‘The Effect of Interventions on Breastfeeding Self-efficacy by Using Bandura’s Theory in Iranian Mothers: A Systematic Review’, International Journal of Pediatrics, 7(8), pp. 9939–9954. doi: 10.22038/ijp.2019.40842.3446.
4. Lestari, K. P. et al. (2019) ‘The Use of Booklet Media in Improving Breastfeeding SelfEfficacy among Pregnant Women in a Primary Health Care Services’, Annals of Tropical Medicine and Public Health, 7(2), pp. 105–111. doi: 10.36295/AOTMPH.2021.7216.
5. Mufdillah et al. (2017) ‘Pedoman Pemberdayaan Ibu Menyusui pada Program ASI Ekslusif’, Peduli ASI Ekslusif, pp. 0–38.
6. Qalehsari, M. Q., Khaghanizadeh, M. and Ebadi, A. (2017) ‘Comparing maternal breastfeeding self-efficacy during first week and sixth week postpartum’, Electronic physician, 9(10), pp. 5541–5550. Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5633215/.
7. Rusdiana, R. and Maria, I. (2020) ‘Pengaruh Peer Education Terhadap Pengetahuan Kehamilan Pada Kelas Ibu Hamil’, Jurnal Keperawatan Suaka Insan (Jksi), 5(1), pp. 116–120. doi: 10.51143/jksi.v5i1.227.
8. Topuz, S. et al. (2021) ‘Breastfeeding self-efficacy and related factors during early postpartum period’, Journal Universa Medicina, 40(3), pp. 216–225. doi: 10.18051/UnivMed.2021.v40.216-225.216.
9. Utami, N. L. A., dkk. (2018) ‘Efektivitas Metode Peer Education Dan Metode Ceramah Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Kehamilan Remaja’, Community of Publishing in Nursing (COPING), 6(1), pp. 9–16.
10. Webber, E., Wodwaski, N. and Courtney, R. (2021) ‘Using Simulation to Teach Breastfeeding Management Skills and Improve Breastfeeding Self-Efficacy’, The Journal of Perinatal Education, 30(1), pp. 19–28. doi: 10.1891/j-pe-d-20-00013.