UPAYA PENINGKATAN KUALITAS TUTOR PARENTING DI PLOSOSARI PURI MOJOKERTO

  • Eka Diah Kartiningrum STIKes Majapahit Mojokerto
  • Yudha Laga Hadikusuma STIKes Majapahit Mojokerto
Keywords: anak, pra sekolah, parenting, kreativitas

Abstract

Anak usia dini merupakan anak usia 2-6 tahun yang belum sekolah dan masih senang dengan aktivitas bermain. Usia pra sekolah merukan usia yang sangat kritis untuk mendapatkan stimulasi yang baik termasuk stimulasi yang diberikan pada pos tumbuh kembang anak di Desa Plososari Puri Mojokerto. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada tutor kegiatan parenting di desa melalui materi pengenalan tumbuh kembang dengan pendekatan ilmu psikologi dan stimulasi kreativitas anak usia dini. Kegiatan dilaksanakan selama 1 bulan. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan tutor dalam mengenali tumbuh kembang anak usia dini serta kemampuan menstimulasi kreativitas anak usia diniĀ  melalui media gambar. Tutor kegiatan parenting Desa Plososari merupakan kader kesehatan desa yang sangat aktif. Kerjasama lintas sektoral dengan institusi pendidikan akan meningkatkan kualitas kinerja mereka sehingga mampu mendukung tumbuh kembang anak dengan baik.

Kata kunci: anak, prasekolah, parenting, kreativitas.

ABSTRACT

Early childhood is children aged 2-6 years who have not been to school and still happy with playing activities. Pre-school age is a very critical age to get good stimulation, including the stimulation that have been given in the child development post in Plososari Puri Mojokerto. This community service activity aimed to provide training to parenting tutor in the village through introduction about the growth and development of preschool kids with psychological approach and the stimulation of early childhood creativity. Activities carried out for 1 month. The training was carried out for 3 days. The results of the activity showed an increase in the knowledge and tutors skills in recognizing early childhood growth and development and also the ability to stimulate early childhood creativity through image media. The plososari village parenting activity tutor is a very active village health cadre. Cross-sectoral collaboration with educational institutions will improve the quality of their performance so that they are able to support children's growth and development properly.

Keywords: children, preschool, parenting, creativity.

References

1. Ibid, hlm. 28 (dikutip dari Tina Bruce, Early Childhood Education, London, Holder & Stoughton, 1987)
2. Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring (Dalam Jaringan), Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2005.
3. Maimunah Hasan. 2010. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini): Panduan Lengkap Manajemen Mutu Pendidikan Anak Untuk Para Guru Dan Orang Tua. Yogyakarta: Diva Press
4. Maria Montessori, Gerald Lee Gutek (ed.). 2013. Metode Montessori, Terj. Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
5. Maria Montessori. 2008. The Absorbent Mind. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
6. Maurice. J. Elias, 2002. Cara-cara Efektif Mengasuh Anak dengan EQ. Bandung: Kaifa.
7. Soemiarti. 2000. Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
8. Suyadi. 2013. Konsep Dasar Paud. Bandung: Rosdakarya
9. Tim Pustaka Familia. 2006. Warna-Warni Kecerdasan Anak Dan Pendampingannya. Yogyakarta: Kanisius.
Published
2022-02-17
How to Cite
Eka Diah Kartiningrum, & Yudha Laga Hadikusuma. (2022). UPAYA PENINGKATAN KUALITAS TUTOR PARENTING DI PLOSOSARI PURI MOJOKERTO. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KESEHATAN (ABDIMAKES), 2(1), 24-36. https://doi.org/10.55316/amk.v2i1.766