HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN DISLEKSIA PADA SISWA KELAS 1 DI SDN BAYEMAN II TONGAS PROBOLINGGO

  • Atikah Fatmawati
  • M. Himawan Saputra STIKes Majapahit Mojokerto
  • Sulistiyowati
Keywords: Pola Asuh, Disleksia, Sekolah Dasar

Abstract

Kejadian disleksia tidak jauh dari pola asuh orang tua, dimana orang tua sangat berpengaruh pada pertumbuhan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan disleksia pada siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah analitik korelasional. Populasi sebanyak 42 orang dengan sample sebanyak 21 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Analisis data menggunakan uji Fisher Exact Test. Hasil penelitian bahwa sebagian besar orang tua memiliki pola asuh otoriter  sebanyak 15 responden (71,4%) dan sebagian besar siswa kelas 1 tidak mengalami  disleksia yaitu sebanyak 11 responden (52.4%). Berdasarkan hasil  uji Fisher Exact Test  dengan nilai taraf signifikan α = 0.05 diperoleh hasil Ï = 0.012, maka H1 diterima, jadi terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan disleksia pada siswa sekolah dasar. Pola asuh orang tua sangat mempengaruhi perkembangan belajar pada anak. Oleh sebab itu, pola asuh yang tepat dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap anak, khususnya dalam meningkatkan motivasi belajar

References

Abdurrahman, Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis, danRemediasinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Andriani, S, Elhefni. (2015). “Pembelajaran Membaca Metode Eja Bagi Siswa Berkesulitan Membaca (Disleksia) Studi Kasus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Quraniah VIII Palembangâ€. Jurnal Pendidikan. Vol. 1 Januari 2015. pp. 151 - 179.
BPS. (2010). Jumlah Distribusi Penduduk Indonesia. Badan Pusat Statistik.
Fransisca, E, Oktaviyanti, T. (2015). “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Disiplin Anak Di Komplek Mendawai Kota Palangkarayaâ€. Jurnal Ilmu Keperawatan. pp. 16 - 22.
Hidayati, N, Istiqomah. (2014). â€Pola Asuh Otoriter Orang Tua, Kecerdasan Emosi, Dan Kemandirian Anak SDâ€. Jurnal Psikologi Indonesia. Vol. 3 No. 01 Januari 2014. Pp. 1 – 8.
Muhith, A. (2015). Pendidikan Keperawatan Jiwa (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta : Andi
Murti, Apriliya Manggulaning, dkk (2015). “Hubungan Kecerdasan Emosi Dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kedisiplinan Belajar Mahasiswa Akademi Yappi Sragenâ€. Indonesian Journal On Medical Science. Vol. 2 No.1 Januari 2015. pp. 46 - 51.
Pautina, Amalia Rizki. (2016). â€Efektivitas Konseling Kognitif Dalam Mengatasi Disleksia Pada Anak Kelompok B TK DWP UNG Kota Gorontalo Tahun Ajaran 2014/2015â€. Jurnal Pendidikan. Vol. 12 No.1 Juni 2016. pp. 146 - 158.
Santrock, John W. (2011). Perkembangan Anak Edisi 6 Jakarta : Salemba Medika.
Setiadi, Hermawan Wahyu. (2015). â€Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Baca Tulis Siswa Disleksiaâ€. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY. pp. 88 - 96.
Setiasih, Dwi Yuli. (2014). â€Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Se-gugus Turi Slemanâ€. Yogyakarta : PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.
Published
2018-03-10
How to Cite
Atikah Fatmawati, M. Himawan Saputra, & Sulistiyowati. (2018). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN DISLEKSIA PADA SISWA KELAS 1 DI SDN BAYEMAN II TONGAS PROBOLINGGO. Medica Majapahit (JURNAL ILMIAH KESEHATAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MAJAPAHIT), 10(1). Retrieved from https://ejournal.stikesmajapahit.ac.id/index.php/MM/article/view/287