PENGARUH PELATIHAN BERBASIS KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP KELENGKAPAN DOKUMENTASI ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG 26 HCU PARU RUMAH SAKIT SAIFUL ANWAR MALANG
Abstract
Pendokumentasian adalah bukti legal pelaksanaan pelayanan di rumah sakit. Kualitas pelayanan di sebuah rumah sakit salah satunya dapat dilihat dari pelaksanaan pendokumentasian asuhan keperawatan. Laporan tahunan Rumah Sakit Saiful Anwar tahun 2014 menunjukkan permasalahan yang terjadi di ruang rawat inap yaitu kelengkapan pengisian rekam medik 24 jam setelah pelayanan hanya terjadi 75, 47% dari total keseluruhan rekam medik dan kelengkapan informed consent sebanyak 48,92%. Kelengkapan dokumentasi asuhan keperawatan dapat ditingkatkan dengan menambah pengetahuan dan pengalaman baru bagi perawat melalui pendidikan, pelatihan, ataupun media informasi digital. Salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan keperawatan yang bermutu dan professional adalah dengan menerapkan pelatihan berbasis Knowledge Management. KnowIedge Management merupakan bidang yang ditujukan untuk membangun dan memeIihara daya saing dengan memanfaatkan informasi dan pengetahuan yang dimiIiki oleh individu dan organisasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh peIatihan berbasis knowledge management terhadap keIengkapan dokumentasi asuhan keperawatan di ruang 26 HCU Paru Rumah Sakit SaifuI Anwar MaIang. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-ExperimentaI One-Group Pretest-Posttest Design. Respoden yang digunakan berjumlah 20 dokumentasi asuhan keperawatan dan dihitung menggunakan Rumus Penghitungan Sampel. Hasil perhitungan statistik dengan Paired t Test , memiliki ρ vaIue= 0,001 dengan tingkat kemaknaan α=0,05, sehingga ada pengaruh yang signifikan. Disarankan agar dapat mempertahanan, meningkatkan, dan menerapkan KnowIedge Management guna meningkatkan keIengkapan dan kuaIitas dokumentasi asuhan keperawatan
References
Ahsan. Devi, Elvira Sari.2019. Asuhan Keperawatan berbasis Knowledge Management dalam Pencegahan Infeksi Nosokomial.UB Press. Malang
Barclay, Rebecca. 2000. What is knowledge management?. Knowledge Praxis.
Edison Mangole, Josua, dkk. 2015. Hubungan Perilaku Perawat dengan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di Cardiovaskular and Brain Center RSUP Prof. R. D. Kandou Manado. Jurnal Keperawatan. Manado
Dahlan, Muhamad Sopiyudin. 2009. Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel dalam Penelitian Kedoteran dan Kesehatan. Penerbit Salemba Medika. Jakarta
Hsia, Tzyh Lih, dkk. 2006. A Framework for Designing Nursing Knowledge Management Systems. Interdisciplinary Journal of Information vol 1. Taiwan
Indrajati. 2011. Pendokumentasian tentang Perencanaan dan Pelaksanaan Askep di Ruang Barokah RS PKU Muhammadiyah Gombong. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan vol.7 No.3. Gombong
Kasim,Mohammad. 2016. Peningkatan Kualitas Pelayanan dan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan dengan Metode Tim. NurseLine Journal. Universitas Islam Sultan Agung. Semarang
Laporan Tahunan Rumah Sakit dr. Saiful Anwar tahun 2014. Revisi SPM
Nursalam. 2011. Proses Dokumentasi Keperawatan Konsep dan Praktik. Salemba Medika. Jakarta
Potter, P.A, Perry, A.G. 2010 Buku Ajar Fundamental Keperawatan Salemba Medika. Jakarta
Purwanti, Eka Desi.2012. Kelengkapan Dokumentasi Asuhan Keperawatan dan Karakteristiknya pada Pasien Rawat Inap Dewasa Non Kebidanan di Rumah Sakit Haji Jakarta. Universitas Indonesia. Jakarta
Setiadi. 2012. Konsep Dokumentasi Keperawatan. Jakarta
Siagian. 2009. Teori dan praktik kepemimpinan. PT Rineka Cipta. Jakarta
Siswanto, Harmain dkk. 2013. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kelengkapan pendokumentasian asuhan keperawatan dalam Jurnal Keperawatan Indonesia vol. 16. Universitas Indonesia