PERSEPSI TENTANG LINGKUNGAN PEMBELAJARAN KLINIK DENGAN KESIAPAN SELF DIRECT LEARNING MAHASISWA PROFESI KEPERAWATAN
Abstract
ABSTRACTThe design of this study was cross sectional with simple random sampling technique and the number of samples was 42 students. The instrument for the perception variable was questionnaire and the SDL variable using the Self Directed Learning Readiness Scale (SDLR). The study was conducted 21-23 June 2021 with data analysis of rank spearman correlation. The results of the study were most of the students of the nursing profession had a good perception 61.9% (26 respondents) and had moderate SDL readiness 50% (21 respondents). Based on the statistical test of the Spearman rank correlation between the perception variable and the SDL variable, with a significance value of 0.000 < 0.05 with a correlation coefficient of 0.572. It is expected that the application of varied learning methods in the academic and clinical environment can create a comfortable atmosphere and good interactions, so it can increase the effectiveness of the learning process and SDL readiness.
ABSTRAK
Desain penelitian ini menggunakan cross sectional dengan teknik sampling simple random dan jumlah sampel 42 mahasiswa. Instrumen untuk variabel persepsi adalah kuesioner dan variabel SDL menggunakan Self Directed Learning Readiness Scale (SDLR). Penelitian dilakukan 21-23 Juni 2021 dengan analisis data korelasi rank spearman. Hasil penelitian sebagian besar mahasiswa profesi keperawatan memiliki persepsi yang baik yaitu 61,9 % (26 responden) dan memiliki kesiapan SDL yang sedang yaitu 50% (21 responden). Berdasarkan uji statistik korelasi rank spearman antara variabel persepsi dengan variabel SDL, diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000 yaitu < 0,05 dengan correlation coefficient sebesar 0,572. Diharapkan adanya penerapan metode pembelajaran yang bervariasi di lingkungan akademik dan lingkungan klinik mampu menciptakan suasana pembelajaran nyaman dengan interaksi yang baik, sehingga meningkatkan keefektifan proses pembelajaran dan kesiapan SDL.
References
Azizah, L. F. (2012). Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Self Directed Learning Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Munadliroh, S. (n.d.). Gambaran Penerapan Metode Pembelajaran Klinik Pada Mahasiswa Praktik Klinik Keperawatan Di RSI Sultan Agung Semarang. 2015.
Pratama, D. A. (2018). Hubungan Anatara Kesiapan Self Direct Learning dengan Persepsi Mahasiswa Terhadap Belajar Keterampilan Klinik Pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta Angkatan 2016.
Rini, F. A., Kusumawati, A., Handoyo Sakti, Y. B., & Ningrum, I. C. (2021). Perbandingan Persepsi Tentang Lingkungan Pembelajaran Klinik dan Strategi Belajar Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter di RSUD Salatiga. Medicine Journal
Rokhison, H., Kusumawati, A., Handoyo Sakti, Y. B., & Zuliyanto, A. (2019). Hubungan Persepsi Tentang Lingkungan Pembelajaran Klinik dan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Program Profesi Dokter. Medica Arteriana.
Wierantanus, L. (2019). Peran Dan Wewenang Perawat Dalam Menjalankan TugasnyPeran Dan Wewenang Perawat Dalam Menjalankan Tugasnya Berdasarkan Undang Undang Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan. Media Keadilan : Jurnal Ilmu Hukum.
Yuliana, N. (2019). Metode Pembelajaran Berbasis Belajar Mandiri (Self Directed Learning) Pada Pendidikan Keperawatan : A Literature Review. Indonesia Journal on Medical Science.
Yuliana, N., & Kusumawati, W. (2018). Penerapan Metode Self-Directed Learning Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Keperawatan : A Literature Review







