ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KELULUSAN UJI KOMPETENSI MAHASISWA S1 KEPERAWATAN DI STIKES MAJAPAHIT MOJOKERTO
Abstract
Kelulusan Uji kompetensi Ners menjadi perhatian khusus karena bagi profesi perawat yang gagal dalam uji kompetensi mereka tidak akan terdaftar sebagai calon perawat di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan motivasi, pengalaman, dan karakteristik kepribadian dengan tingkat kelulusan uji kompetensi ners. Desain penelitian ini adalah analitik korelational dengan rancang bangun penelitian cross sectional. Total populasi adalah 228 mahasiswa Prodi S1 Keperawatan yang telah mengikuti uji kompetensi Ners. Jumlah sampel adalah 36 mahasiswa yang di ambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, analisis data menggunakan uji chi squere. Hasil penelitian berdasarkan uji statistik chi square dengan taraf signifikan α = 0,05, diperoleh hasil bahwa ada hubungan antara faktor motivasi dengan tingkat kelulusan uji kompetensi (0,000 < 0,05), tidak ada hubungan antara pengalaman dengan tingkat kelulusan uji kompetensi (0,143 > 0,05) dan ada hubungan antara karakteristik kepribadian dengan tingkat kelulusan uji kompetensi (0,004< 0,05). Peneliti berharap agar peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian tentang faktor-faktor lain yang mempengaruhi tingkat kelulusan uji kompetensi Ners di Indonesia, sehingga dapat menemukan solusi tepat untuk memecahkan masalah kegagalan dalam tes uji kompetensi Ners
References
Alwi Hasan, dkk. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.
Atkinson dkk. (1996). Pengantar Psikologi. Cetakan ketiga. Jakarta. Erlangga.
Dahlan Sopiyudin, M. (2013). Besar Sampel Dan Cara Pengambilan Sampel Dalam Penelitian Kedokteran Dan Kesehatan, Cet. 2. Jakarta. Salemba Medika.
Hikmah, Sulistyaningsih. (2012). “Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Prestasi Belajar Dan Uji Kompetensi Lulusanâ€. Jurnal kebidanan dan keperawatan, Vol.8, No. 2, Desember 2012. 184-197.
Hayati, Nur Rahma. (2007). “Pengaruh Pengetahuan Sikap Dan Motivasi Terhadap Minat Bidan Mengikuti Uji Kompetensiâ€. Tesis Magister Pendidikan tidak di publikasikan. Program Pascasarjana, Semarang.
Kartono, K. (1979). Teori Kepribadian. Bandung. ALUMNI.
Masfuri, dkk. Blu print uji kompetensi perawat indonesia.
Morissan. (2012). Metode penelitian survei, Cet. 1. Jakarta. Prenamedia Group.
Muhith, A &dkk. (2011). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta. Nuha Medika.
Nursalam. (2013). Metode Ilmu Penelitian Keperawatan. Jakarta. Salemba Medika.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet. 22. Bandung. Alfabeta.
Sunarsih,Tri. (2009). “Hubungan Antara Motivasi Belajar,Kemandirian Belajar Dan Bimbingan Akademik Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswaâ€. Tesis Magister Pendidikan tidak dipublikasikan. Program Pascasarjana. Yogyakarta.
Uno H B. (2009). “Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif â€. Pontianak: Sinar Grafika Offset.
Wibowo. (2009). Manajemen Kinerja (Edisi 2). PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta