Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Musik Dan Game Terhadap Ketergantungan Ponsel Pada Pelajar Di Kecamatan Oebobo Kota Kupang Nusa Tenggara Timur

  • Shela Christine Pello
  • Sri Adiningsih
  • Rika Soebarniati
Keywords: Media Sosial, Musik, Ponsel, Pelajar

Abstract

Ponsel sebagai gaya hidup masyarakat modern dimana hampir setiap orang, termasuk pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). Survei yang dilakukan Pew Internet and American Life Project pada tahun 2013 didapatkan kelompok usia 18-29 tahun yaitu usia pelajar dan Penguruan Tinggi merupakan pengguna ponsel terbanyak diantara semua kelompok umur yakni sebesar 80%. Kenyataaannya penggunaan ponsel dikalangan pelajar dapat menimbulkan ketergantungan ponsel sehingga dapat berdampak negatif pada diri pelajar dan lingkungan sosial pada pelajar. Penelitin ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan sebagai media sosial, untuk mendengarkan musik dan bermain game dengan ketergantungan ponsel pada pelajar. Metode penelitian ini yang digunakan adalah cross sectional. Sampel terdiri 30 pelajar dari 3 sekolah di Kecamatan Oebobo. Hasil penelitian dari analisis Regresion Ordinal menunjukkan bahwa telah diperoleh penggunaan sebagai media sosial dan untuk mendengrakan musik terhadap ketergantungan ponsel pada pelajar di Kecamatan Oebobo terdapat pengaruh yang signifikan dikarenakan nilai p<0,05 (nilai α). Setelah di uji Regression Ordinal Multiple yakni variabel sebagai media sosial yang mempunyai pengaruh yang paling kuat dari variabel mendengarkan musik dan bermain game. Hasil penelitian diatas dapat mengupayahkan dan menerapkan regulasi yang jelas untuk para pelajar SLTA dalam penggunaan ponsel di lingkungan sekolah dan aturan waktu penggunaan dirumah pelajar.

References

Djohan., (2006) Terapi Musik: Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Penerbit Galangpress, hal 141.
Djohan., (2009) Psikologi Musik, Yogyakarta:Penerbit Best Publisher, hal 32, 90-92.
Enterprise J., (2010) 88 Cara Inspiratif Berburu Ide untuk Blog, Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo, hal 43.
Krithika M., Vasantha S., (2013) The Mobile Phone Usage Among Teens and Young Adults Impact of Invading Technology, International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology, Vol.2, Issue 12, Desember 2013, hal 260.
Maulana Herdiyan & Gumelar, Gumgum., (2013) Psikologi Komunikasi dan Persuasi, Jakarta: Akademi Permata, hal 6, 150-151
Putro I. B. S., (2009) Peranan Musik Pengiring Kerja Terhadap Semangat Kerja Karyawan Bagian Administrasi pada PT. Varia Usaha Beton di Waru-Sidoarjo, Skripsi, FISIP-UNAIR, abstrack.
Richter F., (2013) The Generational Divide in Cell Phone Use, The Statistcs Portal, http://www.statista.com/chart/1489/the-generational-divide-in-cell-phone-use/, (Sitasi, 14-09-2014, 20:50).
Rudi., (2009) Game Ponsel Paling Populer, Yogyakarta: Penerbit MediaKom, hal 4-5.
Sanditaria W., (2012) Adiksi Bermain Game Online pada Anak Usia Sekolah di Warung Internet Penyedia Game Online Jatinangor Sumedang, Jurnal Universitas Padjajaran, Vol 1 No. 1, FIK-UNPAD, hal 12.
Susanto D., (2014) Perbedaan Sosial Media dan Jejaring Sosial, http://www.merdeka.com/teknologi/perbedaan-sosial-media-dan-jejaring-sosial.html, (Sitasi, 26 Mei 2015,23:57).
Sarwono S.W., (2011) Psikologi Remaja, Jakarta: PT. Rajawali Pers, hal 11, 29-31, 39-43.
Thomée S., Härenstam A., Hagberg M., (2011) Mobile Phone Use and Stress, Sleep Dsiturbances and Symptoms of Depression Among Young Adults a Prospective Cohort Study, hal 5
Published
2016-03-10
How to Cite
Shela Christine Pello, Sri Adiningsih, & Rika Soebarniati. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Musik Dan Game Terhadap Ketergantungan Ponsel Pada Pelajar Di Kecamatan Oebobo Kota Kupang Nusa Tenggara Timur. MEDICA MAJAPAHIT, 8(1). Retrieved from http://ejournal.stikesmajapahit.ac.id/index.php/MM/article/view/255