Hubungan Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pasien Dengan Motivasi Berkunjung Kembali Di Ruang Rawat Jalan RSI Sakinah Mojokerto
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien dengan motivasi berkunjung kembali di ruang rawat jalan RSI Sakinah Mojokerto. Jenis penelitian korelasional dengan pendekatan Cross Sectional dengan populasi seluruh seluruh pasien yang berkunjung di ruang rawat jalan RSI Sakinah Mojokerto pada bulan Juni 2014, diseleksi dengan menggunakan Consecutive sampling yaitu pemilihan sampel dengan menetapkan subyek yang memenuhi kriteria penelitian dimasukkan dalam penelitian sampai kurun waktu tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pasien dengan motivasi berkunjung kembali di ruang rawat jalan RSI Sakinah Mojokerto. Beberapa faktor penunjang yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien antara lain : pendekatan dan perilaku petugas, mutu informasi yang diterima, prosedur penjanjian, waktu tunggu, fasilitas umum, serta out come yang diterima. Selain itu, faktor pendidikan petugas kesehatan dan penampilan juga berpengaruh terhadap kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien sehingga kepuasan pasien akan tercapai. Diharapkan hal-hal yang mempengaruhi pasien untuk mengadakan kunjungan kembali dapat lebih diperhatikan oleh rumah sakit, sehingga rumah sakit akan tetap tumbuh dan survive di masa depan, karena persaingan rumah sakit khususnya di RSI Sakinah sekarang ini tidak hanya dengan sesama rumah sakit swasta sendiri tetapi juga dengan rumah sakit milik pemerintah yang sekarang ini juga terus berkembang dan berupaya meningkatkan pelayanan yang terbaik untuk pelanggannya
References
Ali, Zaidin, Haji. (2010). “ Dasar – Dasar Keperawatan Profesionalâ€. Jakarta : Widya Medika.
Alimul Hidayat. (2010). “Metode Penelitian Kebidanan & Teknik Analisa Dataâ€. Jakarta : Salemba Medika.
Aziz Alimul Hidayat. (2003). “Riset Keperawatan & Teknik Penulisan Ilmiahâ€. Jakarta: Salemba Medika.
Azwar, Saifuddin. 2007. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, edisi kedua. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Bustami. (2011). "Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilisanyaâ€. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Gde Muninjaya. (2011). “Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan†. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran. EGC.
Hendrik. (2011). “ Etika & Hukum Kesehatanâ€. Jakarta : EGC.
Hutasoit. (2011). “ Perspektif Teoritik Pelayanan Publikâ€. Jakarta : EGC.
Joko Wiyono. 2000. “Manajemen Mutu Paripurna Pelayanan Kesehatanâ€
Klinis, 2007. “Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rumah Sakitâ€. (Http://www.google.com, diakses tanggal 2 Pebruari 2014).
Kotler. (2009). “Pengertian Kepuasan†. (http://Joniirawan.Wodpress.com. diakses 21 Januari 2014)
Mubarok. (2009). “Ilmu kesehatan Masyarakat Teori & Aplikasi. Jakarta†: Salemba Medika.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. “Pendidikan Dan Perilaku Kesehatanâ€. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2005.â€Metodologi Penelitian Kesehatanâ€. Jakarta: PT. Renika Cipta
Notoatmodjo, Soekidjo. 2007.â€Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilakuâ€. Jakarta: PT. Renika Cipta.
Nursalam. 2002. “ Manajemen Keperawatan : Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesionalâ€.Jakarta: Salemba Medika.
Nursalam. 2003. “Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatanâ€.Jakarta:Salemba Medika.
Nursalam. 2008. “Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatanâ€. Jakarta : Salemba Medika.
Potter and Perry. 2005.â€Fundamental Keperawatan.â€Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Sears, O, D. Freedman, L, J. Peplau, A, L. 2000.â€Psikologi Sosialâ€.Jakarta:Erlangga.
Sobur, A. 2003. “Psikologi Umumâ€. Bandung:Pustaka Setia.
Suarli–Bahtiar. 2005.“Manajemen Keperawatan Dengan Pendekatan Praktisâ€. Jakarta:Erlangga.
Sugiyono. 2008. “ Metode penelitian kuantitatif Kualitatif dan R & Dâ€. Bandung:CV. Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2006). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktikâ€. Jakarta : Edisi Revisi Keenam.
Supriyanto, S. 2006. “Pemasaran Jasa Industri Kesehatanâ€.Jakarta.
Syafrudin. (2009). “ Organisasi Dan Manajemen Pelayanan Kesehatanâ€. Jakarta : TIM.
Tjiptono, F. 2006. “Manajemen Jasaâ€. Jogjakarta. Penerbit Andi.
Widyatun. 1999.â€Psikologi Umumâ€. Bandung: Pustaka Setia.







