Hubungan Stimulasi Pendidikan TK Dengan Indeks Prestasi Di SD Jurang Sapi 3 Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso

  • Arief Fardiansyah
  • Ifa Rohmatul Ayuningsih
Keywords: Pendidikan TK, Indeks Prestasi

Abstract

Ada perbedaan anak yang sudah masuk TK. Anak yang sudah masuk TK mempunyai kemampuan membaca dan berhitung yang baik dan mempunyai kemampuan motorik dan ketangkasan yang lebih baik dibandingkan anak lain yang tidak masuk TK. Namun, sampai saat ini akses anak usia dini terhadap layanan pendidikan dan perawatan melalui TK masih sangat terbatas dan tidak merata. Tujuan penelitian ini untuk hubungan Stimulasi Keikusertaan Pendidikan TK Dengan Indeks Prestasi di SDN 3 Jurang Sapi Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso. Desain penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan korelasional. Stimulasi keikutsertaan pendidikan TK sebagai variabel independen dan indeks prestasi sebagai variabel dependen. Populasi penelitian yaitu Semua siswa Kelas SDN 3 Jurang Sapi Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso sejumlah 30 orang. Sampel diambil dengan teknik total sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen wawancara pada orang tua dan diuji dengan uji spearman rho. Kemudian hasil disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Hasil uji spearman rho diperoleh data Ï = 0,00, α = 0,05 maka Ï < α sehingga ada hubungan antara stimulasi keikutsertaan pendidikan TK dengan indeks prestasi siswa di SDN 3 Jurang Sapi Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa siswa yang sudah pernah mengikuti pendidikan di Taman Kanak – Kanak akan memperoleh berbagai pengalaman dan bekal dalam menghadapi pembelajaran disekolah dasar sehingga mereka dapat menerapkan hal tersebut dalam mengikuti pembelajaran di sekolah dasar. Hendaknya bagi para guru atau tenaga pengajar agar lebih meningkatkan kompetensi yang dimiliki dalam memberikan stimulasi dalam merangsang motivasi belajar anak sehingga anak akan mempunyai motivasi yang lebih baik dalam belajar dan dapat meningkatkan prestasi belajar mereka

References

Agustin, Lisa dan Ghullam Hamdu. (2012) Jurnal Penelitian. Jakarta (http://pdf-penting.blogspot.com/2012/03/pengaruh-motivasi-belajarsiswa.html. diakses tanggal 6 Agustus 2012).
Dini.(2010). Tumbuh Kembang Anak Di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta: Depkes RI.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Djamarah,Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar.Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayat, A. Aziz Alimul. (2008). Metode Penelitian Keperawatan Dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.
Hurlock, E. (2005). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga.
Mudjito. (2010). Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak.Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Narendra, MB, dkk. (2002). Buku Ajar Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. Jakarta: Sagung Seto (http://seputarduniaanak.blogspot.com/2009/11/stimulasi-perkembangan-anak.html, diakses tanggal 23 Mei 2012).
Nursalam. (2008). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan.Jakarta: Salemba Medika.
Patmonodewo, Soemantri. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Poerwanto, Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.
SDN 3 Jurang Sapi. (2012). Pedoman Penilaian Raport. Bondowoso: Depdiknas.
Setiadi. (2007). Konsep Dan Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Soemanto, Wasty. (2010). Psikologi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rajawali Pers.
-------------. (2005). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi,Deteksi Dini dan Intervensi.
Sadirman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Published
2014-03-10
How to Cite
Arief Fardiansyah, & Ifa Rohmatul Ayuningsih. (2014). Hubungan Stimulasi Pendidikan TK Dengan Indeks Prestasi Di SD Jurang Sapi 3 Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso. MEDICA MAJAPAHIT, 6(1). Retrieved from http://ejournal.stikesmajapahit.ac.id/index.php/MM/article/view/221