MUTU PELAYANAN KESEHATAN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DENGAN MODEL BRADY AND CRONIN DI PUSKESMAS KABUPATEN WAJO

  • Hj Hasnidar Universitas Puangrimaggalatung
  • Ruslang Universitas Puangrimaggalatung, Sengkang Kabupaten Wajo, Propinsi Sulawesi Selatan
Keywords: Mutu Pelayanan;Rawat Inap; Kepuasan

Abstract

Keberhasilan pembangunan kesehatan ditandai dengan peningkatan dalam beberapa aspek, seperti kualitas sumber daya manusia (SDM), kualitas hidup, kesejahteraan keluarga dan masyarakat serta angka harapan hidup. Tuntutan untuk perawatan berkualitas yang dibutuhkan oleh pasien saat ini menggambarkan pentingnya kualitas perawatan. Hal ini diperlukan guna meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh fasilitas pelayanan kesehatan, termasuk dalam memberikan pelayanan yang berkualitas dalam pelayanan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Pentingnya masalah ini untuk diteliti karena pelayanan publik tidak lepas dari sorotan dan penilaian masyarakat pengguna. Pelayanan yang diberikan kepada pasien terkadang masih mengandung keluhan dari masyarakat, baik berupa pelayanan kesehatan maupun sarana dan prasarana. Hal ini terbukti sejak BPJS Kesehatan telah menjangkau semua kalangan, berbagai kritik dan saran ditujukan kepada pelayanan kesehatan di Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan. Berdasarkan pantauan yang dilakukan di salah satu Puskesmas, ternyata terdapat kendala dalam pelayanannya. Masyarakat masih mengeluhkan pelayanan yang diberikan belum maksimal. Beberapa syarat administrasi yang harus disiapkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) jika pasien sedang dirawat dan harus melakukan sinkronisasi data peserta di kartu peserta dengan file yang harus disiapkan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan kesehatan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Puskesmas Kabupaten Wajo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Penentuan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 75% pasien rawat inap JKN di Puskesmas Kabupaten Wajo yang menilai kualitas pelayanan sebanyak 15 responden yang menilai kepuasan pasien sebesar 75% dengan total 15 responden. Hasil analisis tabulasi silang menunjukkan bahwa ada hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan peserta JKN di Puskesmas Wajo dengan nilai ρ value 0,005 <α = 0,05. Penelitian dosen pemula diharapkan dapat mampu menyelesaikan permasalahan di bidang pelayanan kesehatan khususnya kualitas pelayanan kesehatan guna memberikan kepuasan kepada pengguna jasa khususnya peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

The success of health development is marked by improvements in several aspects, such as the quality of human resources (HR), quality of life, family and community welfare and life expectancy. The demands for quality care required by patients today illustrate the importance of quality of care. This is necessary in order to increase patient satisfaction with the services provided by health care facilities, including in providing quality services in the services of National Health Insurance (JKN) participants. The importance of this problem to be researched because public services cannot be separated from the spotlight and assessment of the user community. Services provided to patients sometimes still contain complaints from the community, both in the form of health services and facilities and infrastructure. This is evident since BPJS Kesehatan has reached out to all circles, various criticisms and suggestions are aimed at health services in Indonesia which aim to improve the quality of health services in Indonesia, especially in South Sulawesi. Based on the monitoring that had been carried out at one of the Puskesmas, it turned out that there were obstacles in its service. The community still complains that the services provided are not optimal. Several administrative requirements must be prepared by participants of the National Health Insurance (JKN) if the patient is being treated and must synchronize participant data on the participant card with a file that must be prepared.

The purpose of this study was to analyze the quality of health services for the National Health Insurance (JKN) participants at the Wajo District Health Center. The method used in this research is analytic research with cross sectional approach. Determination of the sample using accidental sampling technique. The results showed that 75% of JKN inpatients at the Wajo District Health Center who rated the quality of service were 15 respondents, who rated 75% satisfied patient satisfaction with a total of 15 respondents. By cross-tabulating the results showed that there was a relationship between the quality of health services and the satisfaction of JKN participants at the Wajo Community Health Center with a value of ρ value 0.005 <α = 0.05.Research by novice lecturers is expected to be able to solve problems in the field of health services, especially the quality of health services in order to provide satisfaction to service users, especially participants of the National Health Insurance (JKN).

Metrics

Metrics Loading ...

References

Brady and Cronin. 2001. “Some New Thoughts on Conceptualizing Perceived Service
Quality: A Hierarchical Approach”. Journal of Marketing, vol.63, no.3 July 2001:34-39.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2013. Buku Pegangan Sosialisasi Jaminan
Kesehatan Nasional (JKN) dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Mutiara, H., dkk. 2018. “Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di
Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RSUD dr. H. Abdul Moelek”. JK Unila, vol. 2, no.1
Februari 2018:31-36.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014
tentang Puskesmas.

Riyadi, R. 2015. Mutu Pelayanan Kesehatan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di
Puskesmas Kecamatan Kembangan Jakarta Barat. Skripsi Jakarta Barat: Universitas Islam Negeri Jakarta.

Ruslang, dkk. 2019. “Kualitas Pelayanan Kesehatan Peserta Badan Penyelenggaran Jaminan
Sosial Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat Tanasitolo Kabupaten Wajo”. Jurnal
Nursing Inside Community, vol. 1, no. 2 April 2019:33-41.

Widyanto. 2014. Keperawatan Komunitas. Yogyakarta. Nuha Medika.
Published
2020-11-13
How to Cite
Hj Hasnidar, & Ruslang. (2020). MUTU PELAYANAN KESEHATAN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DENGAN MODEL BRADY AND CRONIN DI PUSKESMAS KABUPATEN WAJO. HOSPITAL MAJAPAHIT : JURNAL ILMIAH KESEHATAN POLITEKNIK KESEHATAN MOJOKERTO, 12(2), 14-22. https://doi.org/10.5281/zenodo.4275096