HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DAN ADAPTASI LINGKUNGAN DENGAN INDEK PRESTASI MAHASISWA SEMESTER 5 ANGKATAN 2017 DI STIKes MAJAPAHIT
Abstract
Keberhasilan mahasiswa pada akhir semester secara akademik dapat dilihat dari pencapaian indek prestasi mahasiswa. Indek prestasi itu sendiri dapat dipengaruhi oleh keyakinan, kemampuan adaptasi mahasiswa selama kuliah dan juga pola asuh orang tua mahasiswa. Kemampuan adaptasi setiap mahasiswa pada lingkungan kampus berbeda-beda satu sama lainnya, hal ini juga dapat dipengaruhi oleh pola asuh yang dimiliki oleh orang tua mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dan adaptasi lingkungan dengan Indek prestasi mahasiswa semester 5 angkatan 2015 di STIKes Majapahit Mojokerto. Penelitian ini menggunakan desain corelasional dengan teknik samplingtotal sampling. Jumlah sampel adalah 34 mahasiswa semester 5 angkatan 2015 di STIKes Majapahit, dan penilitian dilakukan pada bulan September 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir setengah pola asuh orang tua mahasiswa adalah demokrasi yakni sebanyak 13 orang (38.2%), sebagian besar adaptasi lingkungan yang dilmiliki mahasiswa adalah positif yakni sebanyak 18 orang (52.9%), dan hampir setengah mahasiswa memiliki Indek prestasi yang sangat rendah yakni sebanyak 10 orang (29.4%). Berdasarkan penghitungan uji Fisher Exact Probability Test menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pola asuh orang tua dengan Indek prestasi mahasiwa (pvalue = 0,025) dan ada hubungan antara adaptasi lingkungan dengan Indek prestasimahasiswa (pvalue = 0,032), pada mahasiswa semester 5 angkatan 2015 di STIKes MajapahitMojokerto. Pencapaian indek prestasi yang sangat beragam ini dapat dikarenakan masih ada orang tua yang belum demokratis dalam mengasuh anaknya. Selain itu juga masih adanya mahasiswa yang memiliki adaptasi lingkungan negatif. Akhirnya hal ini yang menyebabkan terjadinya disparietas hasil Indek prestasi dikalangan mahasiswa.
Metrics
References
Bandura, A. 1997. Self efficacy: The Exercise of Control. USA: W.H. Freemen dan Company.
Cahyaning, Dewi. 2009. Pola Pendidikan Keluarga Terhadap Presatasi Belajar Anak. (online). (http://dewijetplane.wordpress.com/2009/12/22/pola-pendidikan-keluarga-terhadap-prestasi-belajar-anak/ diakses tanggal 12 Januari 2017)
Fardiansyah, A., & Kusuma, Y. L. H. (2017). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dan Self Efficacy Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester III Angkatan 2015 Di Poltekkes Majapahit Mojokerto. JURNAL KEPERAWATAN BINA SEHAT, 9(1).
Handayani, Febrina. 2013. Hubungan Adaptasi lingkunganDengan Indek prestasi Siswa Akselerasi. Jurnal Character, Volume 01, Nomor 02, Tahun 2013
Kusuma, Y. L. H. (2017). Faktor Lingkungan Yang Melatar Belakangi Konsumsi Minum-Minuman Keras Pada Remaja Di Desa Gayaman Kecamatan Mojoanyar-Mojokerto. Hospital Majapahit, 8(2).
Lopez, S. J. & Synder, C.R., 2003. Positive Psychological Assesment A Handbook of Modelsand Measurements. American Psychological Association.
Mahmud, H. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Mahyudin, Rahil, Habibah Elias, Loh Sau Cheng, Muhd Fauzi Muhammad, Noorem Nurdin dan Maria Chong Abdullah. 2006. The Relationship Between Students’ Adaptasi lingkunganand Their English Languange Achievement. Jurnal Pendidik dan Pendidikan. Jil. 21
Nashori, Fuad. 2010. Resep Ampuh Mengantar Anak Meraih Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Famiha
Pusat Komunikasi Publik. PDF]Global Competitiveness Index Indonesia Naik 12 Peringkat Menurut ...www.pu.go.id/main/view_pdf/8814 tanggal Sep 3, 2013
Shakil, M.Ahmad. 2016. Work Ethic : An Islamic Prospective,(Internasional journal of Human Sciences, 2016). Vol.8 No 1
Sukapsih, Esti. 2008. CaraPintar dan Bijak Mendidik Anak. Yogyakarta: Moncer Publisher
Suparyanto, 2011. Konsep Pola Asuh Anak. Dalam http://dr-suparyanto.blogspot.co.id/2010/07/konsep-pola-asuh-anak.html tanggal sitasi 10 Juli 2016
Syaiful, Djamarah Bahri, 2004. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam. Keluarga. Jakarta : PT. Reneka Cipta.
Tjalla, A dan Ernawati. 2010. Hubungan komunikasi interpersonal antara mahasiswa dan dosen dengan indek prestasi mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. Jurnal Psikologi, 02, 07. 22-40
Wawan, dkk. 2011. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta : Nuha Medika
Yusuf, Syamsu LN. 2010. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya